Monday, September 7, 2015

Apa harapan masyarakat pada Polisi untuk memecahkan kemacetan?

Polisi Obat Ampuh Atasi Kemacetan


Salam Baper!
(Semangat Dalam Membawa Perubahan) 
    Berawal dari sebuah keprihatinan, dimana macet sudah menjadi topik hangat dan termasuk kedalam kategori "penyakit kronis stadium akhir" bagi kota-kota besar di Indonesia. Hampir semua kemacetan menimbulkan berbagai permasalahan komplek, seperti peningkatan waktu tempuh (inefisiensi waktu), biaya transportasi membengkak, gangguan yang serius bagi kegiatan logistik, dan penurunan tingkat produktivitas kerja. Akibatnya, dapat menghambat kegiatan ekonomi. Kemacetanpun memberikan dampak yang vital bagi penurunan kualitas lingkungan perkotaan. Dalam konteks perubahan iklim (climate change),  kemacetan lalu lintas menjadi salah satu kontributor utama penyumbang emisi gas rumah kaca ke atmosfer yang menyebabkan peningkatan temperatur bumi yang signifikan. Tidak heran kalau di kota-kota besar sulit untuk mendapatkan udara yang sejuk dan sehat.
Meningkatnya angka kelahiran dari tahun ke tahun menimbulkan ledakan penduduk yang merupakan salah satu penyebab kemacetan di Indonesia. Ditambah lagi dengan perilaku konsumtif masyarakat terhadap kendaraan yang menimbulkan peningkatan volume kendaraan. Data Korps Lalu Lintas Kepolisian Negara Republik Indonesia mencatat, jumlah kendaraan di Indonesia pada tahun 2013 mencapai 104,211 juta unit, meningkat sebelas persen dari tahun sebelumnya. Hal ini tidak sebanding dengan peningkatan laju pertambahan jalan yang hanya satu persen per tahun. Belum lagi, kondisi jalan yang rusak, kemampuan pemeliharaan dan rehabilitasi jalan yang terbatas, kualitas hasil penanganan jalan masih buruk, dan waktu perbaikan yang tidak tepat kerap kali menimbulkan kemacetan berkepanjangan. Contohnya saja perbaikan jalan saat arus mudik lebaran yang kian molor.
Melihat fenomena tersebut, timbul berbagai persepsi di kalangan masyarakat mengenai harapan mereka terhadap pihak kepolisian yang selama ini dianggap sebagai ujung tombak pengurai kemacetan. Polantas (polisi lalu lintas) memiliki peranan penting dalam mengendalikan dan mengatur aktivitas lalu lintas serta menciptakan suasana yang teratur. Mengoptimalkan kinerja kepolisian merupakan strategi jitu dalam mengantisipasi ledakan volume kendaraan. 
Penambahan personil yang ditempatkan pada titik kemacetan dapat mengondusifkan arus lalu lintas. Tidak hanya itu, dengan personil yang cukup akan membuat para pengendara nakal menjadi mematuhi berbagai rambu-rambu lalu lintas, atau setidaknya pelanggaran bisa diminimalisir. Sanksi tegas terhadap penyalahgunaan ruas jalan mutlak diterapkan. Penyalahgunaan ruas jalan akan mengurangi fungsi jalan sebagaimana mestinya. Misalnya pada saat lampu merah, kebanyakan dari pengendara tidak berada pada posisi yang seharusnya, bahkan ada yang menerobos begitu saja sehingga menyulitkan para pejalan kaki untuk menyeberang maupun kendaraan dari arah lain untuk belok arah. Ditambah lagi dengan adanya lapak-lapak pedagang kaki lima yang seharusnya diberi lokasi strategis untuk berjulan, angkutan umum yang berhenti seenaknya, bahkan parkir liar yang memakan badan jalan. 
       Berkaitan dengan pelanggaran lalu lintas, pemberlakuan aturan yang ketat harus ditegakan tanpa kompromi dan tidak memihak. Dewasa ini, sidang jalanan atau bayar di tempat sudah menjadi rahasia umum. SIM rupiah yang merupakan konotasi negatif dari kata “nyogok” dianggap sebagai alternatif andalan dalam melemahkan hukum, sehingga membuat pelanggar lalu lintas tidak jera. Ironisnya lagi, banyak pengguna kendaraan yang melanggar aturan hanya untuk kepentingan pribadi atau kelompok tertentu. Seperti supporter sepak bola, bahkan konfoi gang motor yang meresahkan pengguna jalan lainnya masih marak memenuhi kota. Slogan “Damai No, Tilang Yes” menjadi pondasi utama guna menciptakan budaya bersih dari suap terhadap petugas Polantas oleh para pengendara yang melanggar lalu lintas. Strategi ini tidak hanya ampuh megurangi kemacetan, tetapi juga akurat dalam membenahi citra institusi kepolisisan dari budaya korupsi dan suap.
       Strategi lainnya adalah kepolisisan diharapkan mampu melakukan pendekatan persuasif terhadap masyarakat melalui sosialisasi pengetahuan tentang disiplin berlalu lintas dan sanksi bagi yang melanggar, terutama supir angkutan kendaraan umum yang kerap membandel. Bakti pendidikan yang mengampanyekan disiplin berlalu lintas secara langsung maupun melalui brosur dan iklan edukatif akan membangun kesadaran masyarakat dalam berlalu lintas dan mebangun citra polisi yang selalu mengayomi masyarakat. Jika masyarakat sudah dibekali pengetahuan tentang aturan berlalu lintas, alasan ketidaktahuan yang menyebabkan pelanggaran tidak bisa diterima lagi.
       Sterilisasi jalur three in one yang bebas dari joki akan membuat para pengguna jalan yang tidak taat peraturan jera. Memaksimalkan razia rutin terhadap joki three in one maupun penggunanya akan mengefektifkan penggunaan jalur sebagaimana mestinya. Razia yang diberlakukan secara rutin akan meningkatkan disiplin lalu lintas, namun joki three in one yang terjaring razia perlu diberikan sosialisasi untuk mencari mata pencaharian lain tanpa melanggar hukum.
Tidak hanya permasalahan besar saja, permasalahan kecil yang tersiratpun harus diperhatikan, seperti demo masa. Salah satu peran penting polantas adalah mengamankan setiap jalannya aksi demo. Saat berlangsungnya demo, kerap terjadi berbagai aksi anarki seperti, memblokir jalan dengan membakar ban bahkan baku hantam antara pendemo dengan petugas yang tidak jarang efeknya berimbas pada kelancaran lalu lintas. Dengan adanya koordinasi yang apik dari pihak kepolisian, semua permasalahan tersebut dapat dicegah atau setidaknya dapat diminimalisir intensitas kejadiannya.
       Melihat kompleksitas permasalahan yang terjadi, pemecahan yang paling mendasar harus diawali dari koordinasi yang lebih baik dan intensif di lingkungan internal kepolisisan itu sendiri. Tidak hanya itu, koordinasi dengan instansi lain yang terkait seperti Dinas Perhubungan, Dinas PU, dan Satpol PP harus dijalin dengan baik. Adanya koordinasi dengan Dinas Perhubungan akan menciptakan penyediaan transportasi publik yang memadai. Sedangkan Dinas Pekerjaan Umum (PU) bertugas sebagai pembina urusan dan perbaikan jalan, dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) berperan dalam strerilisasi jalan yang bebas dari Pedagang kaki lima. Tidak kalah penting  lagi adalah peran pemerintah dalam menyusun kebijakan mengenai usia kendaraan yang layak beroperasi, meningkatkan tarif pajak kendaraan bermotor, serta peran penting kesadaran masyarakat untuk senantiasa disiplin berlalu lintas.
Semoga dengan kerja keras polisi lalu lintas, koordinasi apik dari berbagai pihak, dan kesadaran masyarakat dapat mengurangi dan menekan angka kemacetan di jalan. Polisi harus aktif, tegas namun ramah pada masyarakat, dan harapan masyarakat yang tertuang dalam tulisan singkat ini seharusnya menjadi batu pijakan penyemangat dan inspirasi polisi untuk membenahi bumi pertiwi. Kemacetan dapat diselesaikan dengan kesadaran dan kedisiplinan semua warga negara. Tidak hanya ungkapan dan harapan saja namun dibutuhkan implementasi yang membawa perubahan untuk Indonesia.






49 comments:

  1. Artikelnya sgt menginspirasi, smoga dpt meningkatkan kesadaran bangsa indonesia mnuju indonesia bebas kemacetan

    ReplyDelete
  2. Salam baper ( semangat dalam membawa perubahan) , kesadaran kita awal indonesia tertib berlalu lintas

    ReplyDelete
  3. ulasan yang komplit dan menarik. Semoga artikel ini dapat menginspirasi kita dan memberikan kesadaran kita sebagai pemuda penerus bangsa untuk menekan angka kemacetan dijalann.

    ReplyDelete
  4. Dahsyat sekali, semakin banyak yg perduli dan membantu polantas. Semakin mudah mengatasi kemaceta. Dukung terus kawan. Mari sama sama jaga lingkungan kita yg bebas macet, sejuk, dan nyama

    ReplyDelete
  5. Salam semangat buat para penurus bangsa,siapa lagi yg peduli lingkungan kalau tidak kita.Artikelnya bagus dan gak terkesan mengurui,semoga kita lekas tersadar bahwa kita adalah aset bangsa yg memiliki solusi untuk mengatasi kemacetan.

    ReplyDelete
  6. Allah yuftah alikum. salam luar bidahsyat buat semua orang yg selalu optimis membangun negri ini

    ReplyDelete
  7. keren banget ni buat tugas gue, sangat bermanfaat banget
    semoga bisa menjadi batu loncatan buat polantas untuk membenahi kemacetan negeri ni
    salam sukses
    :-)

    ReplyDelete
  8. semoga bisa bermanfaat buat pendidikan
    aaamiiin, semoga semua yang tertuang dalam tulisan sederhan ini mampu membawa dampak yang lebih besar
    bagi kelancaran lalu lintas di negeri kita

    ReplyDelete
  9. tulisan yang sangat menarik dan menginspirasi.
    semoga bermanfaat dan bisa mengubah pola pikir kita semua sebagai warga negara yang baik untuk tertib dalam berlalu lintas. sukses dan semangat :)

    ReplyDelete
  10. Terimakasih, semangat sukses untuk kita semua :)

    ReplyDelete
  11. Bagus , buat bahan tugas kuliah nih,

    ReplyDelete
  12. Terimakasih , semoga bermanfaat, untuk tugas nya :)

    ReplyDelete
  13. Waah , tulisan yang sangat menginspirasi buat kita semua terutama buat para polantas yang memang sudah seharusnya tugas Dan tanggung jawab Mereka.
    Semoga dengan tulisan ini kita semua (masyarakat) bisa mengubah pola pikir kita untuk tertib Dan taat dalam berlalu Lintas.

    ReplyDelete
  14. Terimakasih, semoga harapan bangsa ini tercapai 😊. Aamiin

    ReplyDelete
  15. semoga tulisan ini bisa di baca oleh pihak terkait baik kepolisian maupun instansi pemerintah dan masyarakat luar
    siapa lagi yang akan merubah suatu negara kalau bukan generasi pelurus nya

    ReplyDelete
  16. Bener sekali. Kalau bukan kita , siapa lagi. Semangat kawan, dalam membangun negeri ini

    ReplyDelete
  17. Wah saya sangat setuju.
    Diluar kesadaran kita akan ketertiban lalu lintas, jika polantas memberi sanksi tegas sebagaimana mestinya bagi pelanggar tanpa pandang buluh niscaya permasalahan di jalan raya bisa diminimalisir. Tidak hanya kemacetan.
    Semoga dapat menginspirasi yang lain.

    ReplyDelete
  18. Aamiiñ. Semoga tulisan sederhana ini bermanfaat :)

    ReplyDelete
  19. Artikel yang sangat menarik dan membangun. Semoga ke depannya masyarakat punya kesadaran yang tinggi untuk menaati peraruran lalu lintas, dan polantas bisa lebih tegas kepada masyarakat yang melanggar.

    ReplyDelete
  20. artikel nya sangat menginspirasi.kita semua harusnya sadar bahwa ketertiban lalu lintas adlah tugas dan tnggung jawab kita smua. disamping itu pihak terkait sperti polantas, satpol pp, dan kepolisian mmpu mngawasi dan mnjlankan tugas sbagaimana mestinya agar tercipta lingkungan yg kondusif yg aman dan bebas macet pastinya. dan smoga pra org tua jga mmpu mmbatasi pnggunaan kndaraan brmotor pada ank d bawah umur. smoga ini dpat mnginspirasi yang lain . thanks . bgus artikell nya mat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih . buat sobat indonesia yg mau menyumbangkan inspirasi nya.

      Delete
  21. Semangat dalam membawa perubahan (salam baper) :)

    ReplyDelete
  22. Marvelous... bacaan yang menarik untuk sebuah artikel, membuat kita (masyarakat) menjadi lebih tau bahwa peraturan diciptakan bukan untuk di langgar tapi untuk di tegakkan, saya bangga menjadi salah satu bagian dari anggotanya. Semoga ini sama sama dapat menjadi inspirasi untuk kita semua. Salam satu jiwa. Rahmat baper.

    ReplyDelete
  23. Terimaksih haris suherman semangat baper

    ReplyDelete
  24. Artikel yang sangat membangun.. semoga para penerus bngsa sadar akan tugas dn tanggung jawabny..
    Lanjutkan mat (y)

    ReplyDelete
  25. Aamiin , terimakasih atas masukan nya

    ReplyDelete
  26. Artikel yang membahas tentang masalah kemacaten yang tidak pernah lepas dari negara kita yang sangat sulit untuk di hilangkan. dengan membaca artikel ini sangat bermanfaat untuk masyrakat yang mengunakan kendaran roda satu maupun kendaran roda dua :)

    ReplyDelete
  27. Artikel nya menarik dan menginspirasi. Semoga kita terpacu untuk melakukan perubahan

    ReplyDelete
  28. Bagus ya artikelnya semoga bisa menjadikan inspirasi bagi pak polisi.. biar ga macet lagi

    ReplyDelete
  29. Terimakasih , semoga harapan putra-putri bangsa indonesa dapat tercapai, semangat membangun negri kawan

    ReplyDelete
  30. Artikelnya membangun Perubahan yang lebih baik lagi.
    Tapi segala sesuatunyaa diawali dari diri sendiri,kesadaran masyarakat itu yang terpenting. Semoga harapan bangsa ini terwujud. Mari Gerakkan perubahan!!

    ReplyDelete
  31. Semangat buat polantas, Pemerintah, dan seluruh masyarakat indonesia

    ReplyDelete
  32. Bukan cuma polisi yg harus berfikir keras tentang lalu lintas kota. Kesadaran masyarakat adalah yg paling penting. Karna semus bisa sia-sia kalo masyarakatnya sendiri pada masa bodo. Makany, wajar klo kadang polantas suka keras sama masyarakat, karna mereka suka ngeyel.

    Nice article, anw. Good job, bro😀

    ReplyDelete
  33. Thanks so much. Satu harapan dari kita merupakan awal perbaikan indonesia .yg bebas macet

    ReplyDelete
  34. Sangat menginspirasi dan semoga menjadi perubahan

    ReplyDelete
  35. Sangat menginspirasi untuk lebih peduli terhadap sekitar, tulisan yang sangat bermanfaat, semngat untuk yang muda peduli akan perbaikan indonesia bebas macet.

    ReplyDelete
  36. Sangat menginspirasi untuk lebih peduli terhadap sekitar, tulisan yang sangat bermanfaat, semngat untuk yang muda peduli akan perbaikan indonesia bebas macet.

    ReplyDelete
  37. Macet oh macet. Sudah seharusnya dprioritaskan untuk di perhatikan

    ReplyDelete
  38. Sangat menginspirasi untuk lebih peduli terhadap sekitar, tulisan yang sangat bermanfaat, semngat untuk yang muda peduli akan perbaikan indonesia bebas macet.

    ReplyDelete
  39. Artikelnya dah bagus mas.. komen ya, Kesadaran masyarakat juga penting akan aturan berlalu lintas. Semoga ulasan ini dapat membuka pikiran masyarakat yg kurang peduli akan berlalu lintas.
    Duh aku ga bisa ngomong mas itu ajadeh haha

    ReplyDelete
  40. Ulasan yang menarik. Semoga dapat meningkatkan kesadaran masyarakat untuk mematuhi peraturan lalu lintas.

    ReplyDelete
  41. matap ulasannya bermanfaat banget
    aku ada ide nakal nih untuk kelancaran lalulintas terutama kelancaran transportasi umum Busway di Jakarta supaya tidak sering dilakukan pelanggaran oleh kendaraan lain, aku pengennya jalur busway berlawanan arah dengan jalur jalan raya dengan begitu mungkin pengendara motor ataupun mobil pribadi gak akan berani menerobos jalur Busway yang kadang mengakibatkan membengkaknya kemacetan antrian penumpang Busway. :)

    http://siskovaa.blogspot.co.id

    ReplyDelete
  42. artikel ini sangat bermanfaat dan dapat menginspirasi kita semua agar kedepannya dapat lebih perduli akan pentingnya peraturan lalu lintas

    ReplyDelete
  43. selamat jadi pemenang lomba blog HUT Lantas

    mampir di blog saya http://danielldt.blogspot.com/2015/09/peraturan-dibuat-untuk-dilanggar-pada.html

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar secara bijak