Wednesday, December 13, 2017

TUGAS 2 Pendidikan Agama Islam (MKDU4221) Universitas Terbuka




TUGAS 2 Pendidikan Agama Islam (MKDU4221) Universitas Terbuka


TUGAS 2 Pendidikan Agama Islam (MKDU4221) Universitas Terbuka

1.    Jelaskan pengertian akhlak mulia dan akhlak tercela!
Akhlak mulia adalah perbuatan atau tingkah laku manusia sebagai ekspresi atau ungkapan kondisi jiwa bukanlah tindakan yang yang direncanakan pada saat-saat tertentu saja, perbuatan itu mengacu atau sesuai dengan nilai-nilai atau perintah Al Quran dan hadist atau sesuai dengan perintah Allah dan Rasul.
Akhlak tercela adalah perbuatan atau tingkah laku manusia yang perwujudanya baik yang lahir maupun bathin tidak sesuai atau jauh dari nilai-nilai Al Quran dan hadist dalam arti bertentangan dengan perintah Allah dan Rasul.

2.    Sebutkan dan jelaskan sendi-sendi akhlak mulia dan akhlak tercela menurut Imam al-GhazalI !
Sendi-sendi akhlak mulia menurut Imam Al Gazali:
a.    Kekuatan ilmu yang verwujud hikmah, yaitu kebijaksanaan yang artinya adalah keadaan jiwa yang bisa menentukan antara hal-hal yang benar dan hal-hal yang salah.
b.    Kekuatan amarah yang wujudnya dalah berani, yaitu kekuatan amarah yang tunduk kepada akal pada waktu dinyatakan atau dikekang.
c.    Kekuatan nafsu syahwat(keinginan) yang wujudnya adalah iffah, yaitu keadaan syahwat yang terdidik oleh akal
d.   Kekuatan yang seimbang diantara yang tiga diatas. Wujudnya adalah adil, yakni kekuatan jiwa yang menentukan amarah dan keinginan sesuai dengan apa yang dikehendaki oleh hikmah (kebaikan dan kebijaksanaan)
Sendi-sendi akhlak tercela menurut Imam Al Gazali:
a.    Keji, pintar busuk, bodoh, yaitu keadaan jiwa yang terlalu pintar atau tidak bisa menentukan yang benar di antara yangsalah karena kebodohanya;
b.    Berani tapi sembrono, penakut dan lemah, yaitu kekuatan amarah yang tidak bisa dikekang atau tidak pernah dilakukan, sekalipun sesuai dengan kehendak akal;
c.    Rakus dan statis, yaitu keadaan syahwat yang tidak terdidik oleh akal dan syariat agama, berarti ia bisa berlebihan atau sama sekali tidak berfungsi.
d.   Aniaya, yaitu kekuatan syahwat dan amarah yang tidak terbimbing oleh hikmah.

3.    Sebutkan sebagian akhlak terhadap Allah! Jelaskan dan tulis sebagian ayat al-Qur’an yang berkaitan dengannya!
a.     Menauhidkan artinya mengesakan bahwa Allah adalah pencipta; bahwa Allah yang wajib disembah oleh kita, bahwa Allah memiliki sifat sempurna dan jauh dari sifat kurang. Dengan nama Allah, Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang. 1.Katakanlah: "Dialah Allah, Yang Tunggal, 2. Allah Yang Kekal; 3. Dia tidak beranak, serta Dia tidak pula diperanakkan, 4.serta tiada satupun yang setara dengan Dia." (QS: Al Ikhlas/112: 1-4)
b.    Beribadah karena Allah pencipta maka kita harus beribadah kepada-Nya
“Dan aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya merka menyembah-Ku (QS. Adz-Dzaariyaat/51:56)”
“Dan manusia sembahlah Tuhanmu yang telah menciptakanmu dan norang-orang sebelum kamu, agar kamu bertakwa (QS. Al Baqoroh/2:21)
c.    Bersyukur adalah berterima kasih kepada Allah atas karunia dan nikmat yang sudah diberikan. “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambahkan nikmat kepaamu, jika kamu mengingkari nikmat_ku maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih.” (QS. Ibrahim/14:7)
“Karena itu, ingatlah kalian kepada-Ku, niscaya Aku akan ingat kalian, dan bersyukurlah kepada-Ku dan janganlah kalian mengingkari (nikmat)-Ku.” (QS. Al Baqarah/2:152)
d.   Takwa adalah Melaksanakan semua perintahnya dan menjauhi segala larangan-Nya.“Hai manusia! Bertakwalah kepada Tuhanmu yang telah menciptakan dari satu diri (Adam), dan daripadanya Allah menciptakan pasangannya (Hawa). Dan dari keduannya Allah mengebangbiakkan banyak laki-laki dan perempuan. Bertakwalah kepada Allah dimana kalian saling pinta meminta sesame kalian dengan menggunakan nama-Nya, lagi pula peliharalah hubungan kasih sayang antara kalian. Sesungguhnya Allah itu adalah pengawas kalian.” (QS. An-Nisa /4;4)
e.    Tawakal adalah sikap pasrah kepada Allah atas semua ketentuan-Nya sambil berusaha.
“Maka apabila kamu telah membulatkan tekad maka bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertawakal.”(QS. Ali Imran : 159)

4.    Mengapa kita harus berakhlak mulia kepada orang tua? Tulis ayat al-Qur’an yang berkaitan dengannya!
Kita harus berbakti kepada orang tua karena itu adalah perintah Allah SWT dan Rasulullah, Karena orang tua adalah mereka yang paling dekat dengan kita, sejak masih dalam kandungan hingga remaja dan dewasa merekalah yang paling dekat, orang tua yang selalu mencurahkan kasih sayangnya tanpa mengaharapkan pamrih apapun dari kita.

“Dan Kami perintahkan kepada manusia untuk berbuat baik kepada kedua orang tuamu ibu bapak, Ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah dan semakin bertambah, dan menyapihnya dalam dua tahun. Bersyukurlah kepada-Ku dan kepada kedua orang tua ibu bapakmu.” (QS. Luqman/31:14)

“Sembahlah Allah dan janganlah kamu mempersekutukan-Nya dengan sesuatu apapun. Dan berbuat baiklah kepaa kedua orang tuamu, kerabat dekatmu, anak-anak yatim, orang miskin, tetangga dekat, tetangga jauh, teman sejawat, ibnu sabil, dan hamba sahayamu. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong dan membangga-banggakan diri” (QS. An-Nisaa/4:36)

5.    Jelaskan pengertian tasamuh, taawun, dan musawah diserta ayat al-Qur’an!
Tasamuh adalah menghormati keyakinan orang lain yang berbeda.
“Tidak ada paksaan dalam agama, telah jelas mana yang baik dan yang mana yang buruk.” (QS. Al Baqarah/2:256)

“Dan apabila Tuhanmu menghendaki niscaya semua manusia akan beriman kepada Allah, apakah engkau akan memaksa manusia sehinga mereka beriman.” (QS. Yunus/1:99)
Taawun adalah tolong menolong dalam kebaikan untuk menggapai ridho Allah.

“Dan tolong-menolonglah kamu dalam mengerjakan kebaikan dan takwa, dan janganlah tolong menolong dalam mengerjakan dosa dan pelanggaran. Dan bertakwalah kamu kepada Allah, sesungguhnya Allah amat besar siksa-Nya.” (QS. Al-Maaidah/5:2)

Musawah adalah persamaan dalam hidup bermasyarakat maupun persamaan dalam hukum.

“Wahai manusia sesungguhnya Aku telah menciptakan kalian dari jenis laki-laki dan perempuan kemudian Aku jadikan kalian bersuku-suku dan berbangsa-bangsa agar kalian saling mengenal, sesungguhnya semulia-mulianya kalian disisi Allah adalah yang paling bertakwa diantara kalian.” (QS Al-Hujurat/49:13)

6.    Bagaimana perwujudan akhlak terhadap alam?
a.    Tidak mengekspoitasi sumber daya alam secara berlebihan yang berpotensi merusak tatanan siklus alamiah.
b.    Tidak membuang limbah secara sembarangan yang dapat merusak lingkungan alam.
c.    Secara lebih detail dan individual, agama misalnya melarang binatang atau di bawah pohon yang rindang (karena membuat tidak nyaman orang yang bernaung dibawahnya).

Search For:
TUGAS 2 Pendidikan Agama Islam (MKDU4221) Universitas Terbuka
TUGAS 2 Pendidikan Agama Islam (MKDU4221) Universitas Terbuka
TUGAS 2 Pendidikan Agama Islam (MKDU4221) Universitas Terbuka
TUGAS 2 Pendidikan Agama Islam (MKDU4221) Universitas Terbuka
TUGAS 2 Pendidikan Agama Islam (MKDU4221) Universitas Terbuka
TUGAS 2 Pendidikan Agama Islam (MKDU4221) Universitas Terbuka
TUGAS 2 Pendidikan Agama Islam (MKDU4221) Universitas Terbuka
TUGAS 2 Pendidikan Agama Islam (MKDU4221) Universitas Terbuka


2 comments:

Silahkan berkomentar secara bijak