Tuesday, March 6, 2018

Diskusi Inisiasi 2 Pengantar Antropologi

Diskusi Inisiasi 2

Teman-teman pada tuton minggu 2 kita mempelajari tentang teori2 ilmu antropologi, materi inisiasi dan pengayaan yang ada saya harapkan dapat memperluas pengetahuan.Dalam materi ini disebutkan bahwa dalam menjelaskan perkembangan sosial budaya, ahli antropologi meminjam teori evolusi dari ilmu biologi. Menurut teman-teman mengapa ahli antropologi harus meminjam teori evolusi untuk menjelaskan perkembangan sosial budaya? Silahkan teman-teman diskusikan bersama.
Salam

Jawaban:
Ahli antropologi harus meminjam teori evolusi untuk menjelaskan perkembangan sosial budaya. Penggunakan ungkapan-ungkapan evolusionistik dalam menanggapi gejala social tertentu. Istilah seperti sederhana-kompleks, kemajuan-kemunduran, tradisional-modern, atau desa-kota. Jelas menunjukkan cara berpikir yang merujuk pada proses perubahan atau perkembangan dari satu tahap ke tahap yang lain.
Evolusi adalah bagian yang tak terpisahkan dari objek kajian Antropologi yakni perkembangan budaya manusia. Di mana budaya itu selalu berkembang dari zaman ke zaman, mengalami perubahan dalam jangka waktu yang tidak singkat dalam hal ini disebut evolusi kebudayaan. Dengan demikian, meskipun evolusi biologi dan evolusi kebudayaan tidak lah sama persis, tapi cukup beralasan untuk berasumsi bahwa seleksi alam secara umum bisa bekerja tidak hanya pada gen saja, melainkan pada perilaku budaya. Selama spesies manusia terus eksis, tak ada alasan seleksi alamatas ciri-ciri biologi dan kebudayaan akan berhenti. Namun, evolusi tergantung pada aneka ragamperubahan yang kerap kali tidak bisa diprediksi dalam hal lingkungan fisik dan sosial

 

2 comments:

Silahkan berkomentar secara bijak