Monday, March 5, 2018

DISKUSI INISIASI 2 Pengantar Sosiologi

Saudara Mahasiswa, perhatikanlah tayangan video berikut yang menggambarkan tentang konsep ienteraksi sosial
Berikan tanggapan atas interaksi yang terjadi tawuran antar remaja yang marak terjadi disekitar kita ini dengan mengkaitkannya dengan proses interaksi sosial.

Saya tunggu partisipasi Anda!!!

https://www.youtube.com/watch?v=ZAZPGRcun_Q

Jawaban Diskusi


Menurut saya sekolah merupakan lembaga pendidikan formal yang mempunyai fungsi baik dibidang akademik maupun bidang non akademik, dan salah satu fungsi sekolah tersebut adalah membantu membentuk kepribadian siswa. Dalam membentuk kepribadian siswa, guru sebagai tenaga pengajar yang secara langsung berinteraksi dengan siswa, tentunya memiliki peranan yang sangat penting. Keadaan remaja yang labil terkadang sulit bagi mereka untuk mengendalikan emosinya, sehingga sering kali terjadi tindakan-tindakan yang melanggar norma, seperti tawuran. Dampak tawuran bagi siswa, sekolah dan masyarakat sangat besar, meliputi kerugian moral dan material. Guru merupakan unsur penting dalam keseluruham sistem pendidikan. Oleh karena itu peranan dan kedudukan guru dalam meningkatkan mutu dan kualitas anak didik perlu diperhatikan dengan sungguh-sungguh.
Guru sebagai tenaga pendidik harus berperan serta aktif untuk mencegah terjadinya tawuran tersebut. Adapun peran guru dalam mencegah terjadinya tawuran antar pelajar meliputi primary prevention ( ditekankan pada upaya pengembangan diri siswa dengan bisa mengembangkan secara seimbang tiga potensi yaitu berfikir, berestetika dan berkeyakinan kepada Tuhan.),  preventif (usaha mencegah timbulnya tawuran)dan treatment (memberikan sanksi sesuai kesalahan yang dilakukan oleh siswa mulai memberikan nasehat, surat pernyataan, memanggil orang tua murid,skors hingga dikeluarkan)..
Tawuran merupakan suatu bentuk tindakan kekerasan baik berupa kekerasan fisik seperti perkelahian, pemukulan atau psikis berupa cacian atau hinaan. Tawuran dapat diartikan sebagai perkelahian yang meliputi banyak orang. Tawuran merupakan gejala sosiologis yang harus dihadapi dan diatasi oleh pihak-pihak yang berhubungan dengan tawuran itu. Karena tawuran atau perkelahian fisik antar kelompok di lingkungan pelajar semakin sering terjadi. Sehingga, tawuran dapat diminimalisir atau bahkan dapat dihilangkan agar tidak ada lagi korban yang berjatuhan dan keamanan masyarakat dapat terjamin.
Tawuran antar pelajar merupakan fenomena sosial yang sudah dianggap lumrah oleh masyarakat di Indonesia. Bahkan ada sebuah pendapat yang menganggap bahwa tawuran merupakan salah satu kegiatan rutin dari pelajar yang menginjak usia remaja. Tawuiran antar pelajar sering terjadi di kota-kota besar. Dampak terjadinya tawuran adalah kerugian fisik, pelajar yang ikut tawuran kemungkinan akan menjadi korban. Baik itu cedera ringan, cedera berat, bahkan sampai kematian, Masyarakat disekitarnya juga dirugikan, terganggunya proses belajar mengajar, menurunnya moralitas para pelajar, hilangnya perasaan peka, toleransi, tenggang rasa, dan saling menghargai.
 

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar secara bijak