Sunday, February 25, 2018

DISKUSI I SISTEM EKONOMI INDONESIA

DISKUSI I
Bagaimana dengan SEI? Apakah kita sudah memiliki sistem ekonomi yang dibangun atas dasar nilai-nilai , tradisi dan filosofi yang barakar dari masyarakat kita? Bagaimana dengan Sistem Ekonomi Pancasila, atau yang lebih reformis lagi yaitu Sistem Ekonomi Kerakyatan maupun Sistem Ekonomi yang lainnya lagi?

DISKUSI II
Secara umum, sistem ekonomi dapat dimaknai sebagai suatu keseluruhan sistem yang tersusun dari sub-sub sistem yang lebih kecil seperti pranata-pranata ekonomi, sosial politik dan ide-ide yang diantara mereka saling berinteraksi untuk memecahkan masalah-masalah ekonomi.

Masalah atau problem utama ekonomi adalah;
1. produksi, berhubungan dengan pertanyaan jenis barang apa yang akan diproduksi dan bagaimana memproduksinya
2. distribusi, berkaitan dengan bagaimana menyalurkan barang atau jasa yang telah dibuat itu
3. konsumsi, berhubungan dengan kapan dan siapa yang akan mengkonsumsinya
Nah teman-teman, saya mohon tanggapannya atas permasalahan sistem ekonomi tersebut.

Jawaban diskusi 1


Sistem ekonomi Indonesia haruslah berlandaskan Sistem Ekonomi Pancasila yaitu sebuah sistem perekonomian yang didasarkan pada lima sila dalam Pancasila. Ekonomi Pancasila adalah suatu konsep kebijaksanaan ekonomi, setelah mengalami pergerakan seperti bandul jam dari kiri ke kanan, hingga mencapai titik keseimbangan. Ke kanan artinya bebas mengikuti aturan pasar, sedangkan ke kiri artinya mengalami intervensi negara dalam bentuk perencanaan terpusat.  Secara sederhana, Ekonomi Pancasila dapat disebut sebagai sebuah sistem ekonomi pasar dengan pengendalian pemerintah atau "ekonomi pasar terkendali". Mungkin ada istilah-istilah lain yang mendekati pengertian "Ekonomi Pancasila", yaitu sistem ekonomi campuran, maksudnya campuran antara sistem kapitalisme dan sosialisme atau sistem ekonomi jalan ketiga.
 


No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar secara bijak