Sunday, February 25, 2018

DISKUSI 1 PENGANTAR SOSIOLOGI


DISKUSI 1

Anda dapat menyaksikan tayangan video berikut yang menggambarkan tentang “Apa itu Sosiologi”
Dari tayangan video tersebut, kemukakan bagaimana pendapat Anda apakah Sosiologi termasuk ilmu yang sulit dipelajari karena berada dalam tataran teoritis, dan teori-teori besarnya adalah teori untuk masyarakat barat. Disamping itu juga ada yang mengatakan bahwa sosiologi adalah ratu nya ilmu-ilmu sosial. Bahkan sebagai ratu dia berada pada posisi atas bahkan diatas astronomi,biologi, atau ilmu-ilmu alam.

Nah bagaimana pendapat anda!!!

https://www.youtube.com/watch?v=LK5J0-cM-HE&t=2s

Jawaban:


Menurut saya dari video tersebut dapat disimpulkan bahwa Sosiologi merupakan ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang pergaulan hidup antara seseorang dengan seseorang, perseorangan dengan golongan atau golongan dengan golongan. Dengan demikian terdapat dua unsur pokok dalam sosiologi, yaitu manusia dan hubungan sosial (masyarakat). Terdapat berbagai pendapat tentang kedudukan individu dan masyarakat ini. Di satu pihak ada yang berpendapat bahwa individu lebih dominan daripada masyarakat, tetapi di pihak lain berpendapat bahwa masyarakat lebih dominan daripada individu.
Sementara itu terdapat pendapat yang mengambil posisi tengah yang mengatakan bahwa antara individu dan masyarakat terjadi proses saling mempengaruhi. Sejumlah kritik diajukan kepada sosiologi, yaitu 1) sosiologi adalah ilmu yang sulit, 2) sosiologi hanya merupakan kumpulan dari berbagai kajian ilmu sosial lainnya, dan 3) tidak ada lapangan yang khusus bagi sosiologi karena objeknya telah banyak digarap oleh ilmu-ilmu sosial lainnya sehingga kadang-kadang tidak mudah dipahami
Sosiologi merupakan cabang ilmu sosial yang dahulunya berinduk pada ilmu filsafat. Dengan demikian pokok-pokok pikiran sosiologi tidak bisa terlepas dari pemikiran para ahli filsafat yang mengkaji tentang masyarakat. Sosiologi mengalami perkembangan yang pesat pada abad ke-20, di mana pada masa ini mulai banyak bermunculan berbagai cabang sosiologi, seperti sosiologi industri, sosiologi perkotaan, sosiologi pedesaan, dan lain-lain. Pemikiran para ahli yang mengkonsentrasikan diri pada masalah kajian sosiologi ini dibedakan atas tokoh-tokoh sosiologi klasik dan tokoh-tokoh sosiologi modern.
 

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar secara bijak