Monday, March 5, 2018

DISKUSI 2 Logika

 
Soal DISKUSI 2 Logika
 
Pada minggu 2 kita perlu mendiskusikan tentang:
1. Apa hubungan ide, konsep dan term dengan prinsip dasar penalaran?
2. Apa empat prinsip dasar penalaran yang dapat membuat sesat pikir?


Selamat berpartisipasi dan berdiskusi!

Salam sukses,


Jawaban:


Jawaban No 1
1. Hasil tangkapan akal manusia mengenai suatu objek, baik material maupun nonmaterial disebut ide atau konsep. Dasar penalaran pada umumnya adalah konsep atau ide atau sering juga disebut dengan pengertian, tanpa ada konsep atau ide tidak dapat diadakan penalaran. konsep atau ide diungkapkan dalam bentuk bahasa disebut dengan istilah term. term sebagai ungkapan jika terdiri atas satu kata atau satu istilah maka term itu dinamakan term sederhana atau term simpel dan jika terdiri atas beberapa kata maka term itu dinamakan term komposit atau term kompleks.setiap term mempunyai konotasi atau isi. jadi ide dan konsep dalam logika adalah sama artinya. konsep atau ide atau juga pengertian adalah bersifat kerohanian dan dapat diungkapkan kedalam bentuk kata atau istilah atau juga beberapa kata. Ungkapan pengertian dalam bentuk kata atau istilah disebut dengan term.

Jawaban No 2
4 prinsip penalaran yang membuat sesat pikir
  • prinsip identitas menyatakan,sesuatu hal adalah sama dengan hal sendirinya
  • prinsip nonkontradiksi menyatakan, sesuatu tidak mungkin merupakan hal tertentu dan bukan hal tertentu dalam suatu kesatuan. prinsip ini menyatakan juga bahwa dua sifat yang berlawanan penuh (secara mutlak) tidak mungkin ada pada suatu benda dalam waktu dan tempat yang sama.
  • prinsip eksklusi tertii menyatakan, sesuatu jika dinyatakan sebagai hal tertentu atau bukan hal tertentu maka tidak ada kemungkinan ketiga yang merupakan jalan tengah
  • prinsip cukup alasan menyatakan, sesuatu perubahan yangb terjadi pada sesuatu hal tertentu mestilah berdasarkan alasan yang cukup,tidak mungkin tiba-tiba berubah tanpa sebab-sebab yang mencukupi.

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar secara bijak