Sunday, March 4, 2018

Diskusi materi 1 Antropologi


Teman-teman mahasiswa sekalian, pada minggu pertama tutorial ini kita mempelajari mengenai ruang lingkup antropologi. Dari materi yang sudah diberikan menurut teman-teman apakah antropologi itu dan apa pentingnya ilmu tersebut? Silahkan teman-teman diskusikan bersama.
Salam

Jawaban Diskusi:
1. Menurut saya antropologi adalah suatu cabang studi ilmu yang mempelajari tentang manusia baik dari segi budaya, perilaku, keanekaragaman, dan lain sebagainya.Secara harfiah antropologi adalah ilmu (logos) tentang manusia (antropos). Definisi demikian tentu kurang jelas, karena dengan definisi seperti itu antropologi mencakup banyak disiplin ilmu seperti sosiologi, psikologi, ilmu polotik, ilmu ekonomi, ilmu sejarah, biologi manusia dan bahkan humaniora, filsafat dan sastra yang semuanya mempelajari atau berkenaan dengan manusia.
2. Salah satu manfaat mempelajari ilmu antropologi adalah mengetahui sikap masyarakat dari berbagai suku bangsa. Setiap bangsa memiliki sikpa atau perilaku masyarakat yang berbeda-beda. Dalam hal ini lebih di fokuskan pada antropologi budaya. Perilaku masyarakat di suatu bangsa atau daerah sangat dipengaruhi oleh nenek moyang mereka. Biasanya daerah yang masih belum bercampur dengan pendatang baru lebih kental nilai budaya yang mereka anut di sana. Jadi menjadikan sika[ masyarakat di suatu daerah memiliki keunikan sendiri -sendiri yang indah dan menambah wawasan jika dipelajari.

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar secara bijak