Thursday, November 30, 2017

Tujuh Alasan Aku Bangga Aku Tahu HIV/AIDS



Tujuh Alasan Aku Bangga Aku Tahu HIV/AIDS

Masa remaja merupakan fase yang paling labil dalam hidup, dimana seseorang mencari jati diri dan mulai mengenal lawan jenisnya. Tentunya kita mengetahui istilah pacaran sangat akrab dikalangan remaja, bukan? Hampir semua orang pernah merasakannya. Mulai dari dewasa, remaja, bahkan anak yang masih bau kencurpun sudah mulai ingin mengenal lawan jenisnya. Budaya pacaran sudah dianggap “wajar” dalam kehidupan sehari-hari. Namun tahukah bahwa budaya pacaran sangat berpotensi menjerumuskan para remaja kita pada pergaulan bebas? Tentu saja iya! Seks bebas bahkan hamil di luar nikah yang berujung pada aborsi diakibatkan karena pacaran. Dan yang lebih mengerikan adalah pacaran dapat memicu penyebaran penyakit HIV/AIDS yang menjadi momok di masyarakat.
Tahukah kalian bahwa penyakit HIV/AIDS menjadi salah satu penyumbang kematian terbesar di dunia? Bahaya HIV/AIDS tidak hanya mengancam nyawa penderita tetapi juga orang lain, karena potensi penularannya yang besar. Untuk itu, sebagai remaja kita harus bangga bisa tahu tentang HIV/AIDS. Kita juga harus ikut berperan aktif dalam mencegah dan menanggulangi bahaya besar HIV/AIDS. Berikut ini adalah 7 alasan kenapa kita bangga tahu tentang HIV/AIDS.
Alasan pertama adalah dengan mengetahui HIV/AIDS kita bisa mengedukasi diri sendiri. Mengetahui apa sebenarnya penyakit ini dan bahaya yang ditimbulkan oleh penyakit mematikan tersebut. Kedua, kita bisa mengetahui bagaimana cara penularan HIV/AIDS. Dengan mengetahui cara penularannya, kita bisa menghindarkan diri kita dari hal-hal yang dapat menularkan HIV/AIDS, salah satunya adalah pergaulan bebas.
Tidak hanya itu, jika kita paham tentang HIV/AIDS kita bisa menjadi remaja kekinian yang update tentang pencegahan penyakit mematikan tersebut, sehingga kita bisa membentengi diri kita sendiri dari kemungkinan tertular HIV/AIDS.
Selain itu, jika kita update ilmu tentang HIV/AIDS, kita bisa melindungi teman, keluarga, dan orang-orang yang kita cintai dari HIV/AIDS, dengan cara berbagi ilmu dan pengetahuan tentang HIV AIDS yang kita miliki. Kita juga bisa berguna bagi masyarakat dengan ikut berpartisipasi menjadi relawan anti HIV/AIDS.
Alasan kelima mengapa kita harus bangga mengetahui bahaya dari HIV/AIDS adalah kita mampu memilih cara bergaul tanpa merusak masa depan kita sebagai anak bangsa. Kita bisa tahu batasan-batasan dalam bergaul dan berinteraksi, terutama dengan lawan jenis.
Tidak berhenti sampai disitu, Pengetahuan yang cukup mengenai HIV/AIDS dapat membantu kita dalam menghimbau remaja lain untuk segera sadar dan mengetahui pentingnya HIV/AIDS.
Terakhir, Jika kita tahu tentang HIV/AIDS kita bisa memotivasi Komunitas remaja dan Orang dengan HIV/AIDS (ODHA) agar tidak berputus asa menjalani hidup dan melawan HIV/AIDS. Serta kita bisa mensosialisasikan cara bergaul dengan penderita HIV/AIDS, yaitu dengan tetap bersikap baik, bukan menjauhi dan mendiskriminasi penderitanya tapi virusnya.
Sebenarnya masih ada segudang alasan kenapa kita harus bangga tahu tentang HIV/AIDS. Ada banyak manfaat yang bisa kita peroleh apabila kita tahu tentang HIV/AIDS. Kita bisa melindungi diri kita sendiri dan orang-orang tercinta yang ada di sekitar kita. Kita juga menjadi tahu bagaimana memposisikan diri kita saat berinteraksi dengan penderita HIV/AIDS. Pada intinya, sebagai pemuda kita harus mengetahui bagaimana cara bergaul yang baik agar tidak terjerumus  pada pergaulan bebas. Sehingga kita dapat menjadi tulang punggung bangsa, yang diharapkan mampu melanjutkan tongkat estafet bangsa ini agar lebih baik di masa depan.

8 comments:

Silahkan berkomentar secara bijak