Friday, June 5, 2015

Buku adalah gudang ilmu


Perpustakaan sebagai salah satu ujung tombak pendidikan,mempunyai peranan penting dalam mencerdaskan kehidupan bangsa,namun memang masih di sayangkan bahwa minat baca di negara kita masih sangat rendah.Kalau di negara lain sih katanya membaca sudah merupakan kebutuhan dan masuk ke perpustakaan sudah merupakan tempat paforit.namun di negara kita menurut survey yang ada perpus masih hanya di pandang sebagai gudang buku,padahal kita semua tau buku adalah gudang ilmu dan membaca adalah kuncinya.Rupanya untuk sekarang kata-kata itu masih merupakan selogan aja dan belum menjadi realita (untuk kebanyakan orang).

membaca adalah kunci ilmu, sedangkan gudang ilmu adalah buku”. Dan Dr. Mustafa Ashi Bai’ menasihati kita dengan kata-katanya :"Ziarahlah ke perpustakaan sehari sekali, supaya engkau tahu karunia akal yang Allah berikan kepadamu"

Pepatah ini kerap kita dengar. Hampir semua orang yang pernah mengenyam pendidikan formal mengenal pepatah ini. Tapi yang menyadari dan melakukannya masih sedikit. Minat baca penduduk negeri ini masih rendah. Aktivitas membaca belum begitu membudaya. Bahkan melihat seseorang yang tekun membaca buku saja dianggap aneh. Julukan sok pintar, sok profesor, kebarat-baratan dan lain semacamnya segera saja ditempelkan kepada si kutu buku.

Bagi penggemar membaca buku, membaca di sembarang tempat butuh mental kuat. Harus kebal cemoohan dan sindiran yang kadangkala menyakitkan telinga. Padahal membaca buku adalah kegiatan yang positif dan tidak melanggar sebiji pun peraturan perundang-undangan di negeri ini. Pun begitu, membaca tidak melanggar HAM. Tapi mengapa ada saja yang merasa ‘terganggu’ oleh seseorang yang membaca buku di sekitarnya?

Tradisi lisan yang lebih membudaya daripada tradisi membaca, mungkin bisa dituding sebagai biang penyebabnya. Terlibat dalam obrolan lebih asyik dibanding ‘berdialog’ dengan sebuah buku. Lebih parah lagi obrolan lebih mengarah kepada ngegosip alih-alih berdiskusi tentang sesuatu hal.




No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar secara bijak